DARI REDAKSI
SALIRA TV - SIARAN TELEVISI STREAMING 24 JAM DARI INDONESIA, MEMBUKA LOWONGAN KERJASAMA KEPADA ANAK MUDA UNTUK MENJADI WARTAWAN ATAU REPORTER SALIRA TV NEWS UNTUK DITEMPATKAN DI KABUPATEN ATAU KOTA NYA MASING-MASING. HUBUNGI WA CENTER SALIRA TV DI 0838-9640-3437.
Tupoksi Salira TV - Siaran Televisi Streaming 24 Jam dari IndonesiaWatch Now Salira TV LIVE directly at salira.coPERS Berkualitas, Masyarakat Cerdas. Dukung Jurnalisme Berkulitas di Salira TV dengan Cara Berlangganan di Salira TV dan Suara Salira

Kasrem 161 Wira Sakti Kupang NTT Tinjau Sumber Air Minum Pompa Hidram di Desa Popo Kabupaten Manggarai

SALIRA TV MANGGARAI, NTT – Kepala Staf Korem (kasrem) 161 Wira Sakti Kupang NTT, Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi mengunjungi desa Popo kecamatan Satar Mese Utara kabupaten Manggarai pada Jumat, 3 Mei 2024.

Dalam kunjungannya itu, Kasrem didampingi isterinya. Turut mendampingi, Kasdim 1612 Manggarai, tokoh muda Manggarai asal kecamatan Lelak, Andre Garu serta anggota rombongan lainnya.

Kunjungan Kasrem 161 Wira sakti kupang ini dalam rangka untuk meninjau air minum pompa hidram, program TNI Manunggal di Desa Popo yang dikerjakan tahun 2022 silam.

Tiba di desa Popo, Kasrem dan rombongan disambut Camat Satar Mese Utara, David Jehadu, Danramil Satar Mese Utara, Kapten Infanteri, Roberto Carlos, Kepala desa Popo Darius Cecha, para kepala desa se-kecamatan Satar Mese Utara serta tokoh adat dan masyarakat desa Popo.

Kasrem diterima secara budaya Manggarai: mulai dari penjemputan hingga penerimaan di tenda – di halaman rumah adat kampung Pora. Saat penjemputan, Kasrem dan isteri dikalungi selendang songke serta dipakaikan topi songke khas Manggarai. Selanjutnya rombongan menuju rumah adat Pora dan diterima di tenda, di halam rumah adat Pora.

Kedatangan Kasrem ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat desa Popo yang sudah lama menunggu. Setelah bersalaman dengan warga, Kasrem kemudian diterima dengan tata cara budaya “Kapu” yang disampaikan oleh salah satu tokoh adat setempat.

Setelah diterima secara adat, Kasrem dan rombongan menuju bak penampung air berukuran 6×6 meter yang berada tidak jauh dari rumah adat kapmung Pora untuk melihat langsung kondisi air minum pompa hidram tersebut.

Saat meninjau bak air, Kasrem meminta kepada kepala desa Popo dan masyarakat agar merawat fasilitas bantuan TNI Manunggal itu dengan baik agar ketersediaan air minum berlangsung terus menerus.

Di hadapan masyarakat, Kasrem mengatakan bahwa kehadirannya adalah untuk meninjau dan memastikan kondisi air minum pompa hidram itu. Ia berjanji akan menambahkan pompa hidram agar debit air minum di desa popo itu lebih besar lagi.

Camat Satar Mese Utara, David Jehadu kepada Salira TV mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kasrem 161 wira sakti kupang karena telah mengunjungi desa Popo serta telah membantu menyediakan air minum bersih pompa hidram kepada masyarakat desa Popo. David berharap bantuan dari TNI angkatan darat tersebut dapat berkembang ke desa desa lain di kecamatan Satar Mese Utara.

Sementara itu, kepala desa Popo, Darius Cecha mengatakan bahwa bantuan air minum bersih sistem pompa hidram program TNI Manunggal ini sudah membantu kurang lebih 300 kepala keluarga pemanfaat yang sebelumnya sanagat sulit mendapatkan air minum bersih, namun kini kebutuhan air minum bersih mereka sudah terpenuhi dengan adanya bantuan dari TNI.

Namun, Darius mengaku air minum bersih itu belum mampu memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat desa Popo karena debit air yang maauk ke bak penampungan adalah masih sedikit, oleh sebab itu Ia berharap agar pompa hidramnya bisa di tambah.

Darius menyampaikan terimakasih dan aprseiasi yang tinggi kepada TNI atas bantuan tersebut.

Dalam kesenpatan yang sama, ketua lembaga adat desa Popo, Stefanus berkomitmen akan bekerja sama dengan TNI, pemerintah desa Popo, pemerintah kecamatan Satar Mese Utara serta seluruh masyarakat desa Popo untuk bersama sama menjaga sumber air dan fasilitas bantuan dari TNI itu agar tetap terawat sehingga sumber air minum bersih terus tersedia sampai kapan pun.

Dari Kabupaten Manggarai – NTT, Reporter Paulus Nabang Mengabarkan untuk Salira TV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *